Inilho Jenis Makanan yang Efektif Cegah Covid-19, Ini Penjelasan Pakar IPB

Ahli Gizi dan para pakar dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Institut Pertanian Bogor (IPB) menyatakan, ada beberapa jenis sayur dan rempah lokal dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan bisa menghambat replikasi virus Covid-19.

Informasi ini disampaikan Nancy Dewi Yuliana, Dosen IPB dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Pertanian. Menurutnya, ada dua jenis makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh, yakni kecombrang dan daun jambu mete.

“Dua jenis makanan itu berpengaruh pada sistem imun tubuh, khususnya pada sel-sel yang berperan dalam menangkal patogen. Patogen adalah mikroorganisme parasit yang mampu menghasilkan berbagai jenis penyakit,” ungkap Nancy, seperti dikutip dari Kompas.com

Nancy juga mengatakan, kedua rempah itu bisa meningkatkan imun tubuh berdasarkan sifat fungsional dan aktivitasnya. Pada akhirnya, kedua jenis makanan tersebut bisa menghambat replikasi virus Covid-19.

“Hampir semua senyawa dalam kecombrang dan daun jambu mete dapat menghambat replikasi virus Covid-19,” jelasnya.

Selain kedua sayur tersebut, minyak ikan juga dinilai cukup efektif untuk menungkatkan imun tubuh. Hal ini disampaikan Sugeng Heri Suseno, Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB.

Kata Sugeng, kandungan EPA dan DHA dalam minyak ikan juga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Sementara penggunaan minyak ikan sebagai suplemen kesehatan di Indonesia sendiri tergolong masih rendah.

“Padahal kandungan omega 3 pada ikan sarden Indonesia tergolong tinggi. Lebih tinggi daripada ikan salmon liar,” jelas Sugeng.

Sugeng juga mengatakan, kandungan omega 3 pada ekor dan jeroan lebih tinggi dari pada bagian tubuh ikan lainnya. “Pengusaha juga perlu memperhatikan kualitas minyak ikan yang diolah agar dapat bersaing dengan negara tetangga,” tandasnya.

Sementara Ikeu Tanziha, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Faktultas Ekologi Manusia IPB mengatakan, pemberian edukasi terkait pencegahan penularan merupakan hal yang terpenting dalam memberantas rantai Covid-19.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :