Prostitusi Artis Masih Tren, Ini Penjelasan Kriminolog, Bukan Faktor Pergaulan

Kasus artis terlibat dalam prostitusi online hingga kiji masih tren. Yang terbaru adalah kasus prostitusi yang melibatkan artis ST alias M dan SH alias MY.

Lalu, mengapa artis yang sudah terkenal dan dipandang orang punya banyak duit, justru menjual dirinya ?.

Arthur Josias Simon, kriminolog Universitas Indonesia (UI) turut bicara terkait hal ini. Menurutnya, prostitusi bukanlah hal yang baru. Sebab, sudah ada sejak peradaban manusia.

Bedanya, kalau dulu offline sekarang berkembang ke online apalagi dengan kondisi pandemi. “Kalau saya melihat sejarahnya dulu offline ya, kemudian banyak yang tutup. Kemudian berkembang ke online,” ungkapnya.

Kata Simon, yang model offline ini secara fisik sudah mulai hilang dan adanya sebagian besar di dunia malam. Tapi, tempat tersebut sekarang banyak yang tutup karena pandemi korona.

Nah, di dunia artis hiburan, proyek-proyek rekaman pembuatan film juga menurun, sinetron menurun sehingga berdampak pada ekonomi. Kurangnya penghasilan itulah yang membuat terjerumus dalam dunia prostitusi.

Di sisi lain, kata Simon, adanya permintaan dan penawaran, lalu ada pihak yang menengahi (mucikari) itulah membuat praktek prostitusi berlangsung.

Bertarif diatas Rp 100 Juta, Artis ST dan MA Digerebek saat Threesome

“Selama ada permintaan dalam konteks ekonomi ada nilai menghasilkan dan menguntungkan ada suplay nya. Itu ajah sih. Simpel,” jelasnya, seperti dikutip dari JPNN.

Sementara disinggung apakah faktor pengaruh dari lingkungan. Menurut Simon, pergaulan bukan menjadi faktor utama terlibat dalam dunia prostitusi.

“Kalau pergaulan artis itu untuk meningkatkan citra dia kan. Tetapi kan tidak semua pergaulan itu termasuk dalam prostitusi online. Kan masih banyak yang enggak,” katanya.

Simon menduga, artis terlibat prostitusi karena kurangnya job, ekonomi menurun, proyek film, sinetron dibatalkan menjadi pemicu dan ada yang memfasilitasi (mucikari). “Ada kelompok-kelompok yang memang selama ini bergerak di bidang itu,” tandasnya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Baca juga :