Ditangkap KPK, Ini 4 Kebijakan Kontroversial, Menteri KP Edhy Prabowo

Foto : Susi Pudjiastuti dan Edhy Prabowo

Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) dikabarkan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK). Edhy adalah anggota kabinet dari Partai Gerindra.

Edhy Prabowo menggantikan Susi Pudjiastuti sebagai menteri KP periode 2014-2019 yang memiliki gaya nyentrik dan banyak melakukan trobosan.

Lalu, ada kebijakan menteri susi yang direvisi oleh Edhy hingga menjadi kebijakan yang kontroversial. Ini 4 kebijakan kontroversial Menteri KP Edhy Prabowo:

1. Membuka ekspor benih lobster

Pada era Susi Pudjiastuti, terbit Peraturan Menteri (Permen) Nomor 56 Tahun 2016 tentang Larangan Penangkapan dan atau Pengeluaran Lobster, Kepiting, dan Rajungan dari Indonesia. Larangan inilah yang masuk daftar Edhy untuk direvisi.

2. Memperbolehkan alat tangkap cantrang

Sebelumnya, larangan cantrang dan 16 alat tangkap yang dianggap merusak lingkungan lainnya mulai diberlakukan tahun 2018. Regulasi ini tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) KP Nomor 2 Tahun 2015 dan Permen KP Nomor 71 Tahun 2016.

Pencabutan larangan cantrang disusun berdasarkan hasil kajian tindak lanjut Menteri KP Nomor B.717/MEN-KP/11/2019 tentang Kajian terhadap Peraturan Bidang Kelautan dan Perikanan.

3. Pencabutan batasan ukuran kapal

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencabut Surat Edaran Nomor B.1234/DJPT/Pl.410/D4/31/12/2015 tentang pembatasan ukuran GT kapal perikanan pada surat izin usaha perdagangan, surat izin penangkapan ikan, dan surat izin kapal pengangkut ikan.

Pencabutan itu tertuang dalam Surat Edaran nomor B.416/DJPT/Pl.410/IX/2020 yang disampaikan KKP kepada para pelaku usaha perikanan tangkap.

4. Tinggalkan penenggelaman kapal pencuri ikan

Rencana menghapus hukuman penenggelaman kapal juga tengah jadi pertimbangan Edhy. Edhy mengatakan, kapal yang harus ditenggelamkan hanya kapal pencuri ikan yang melarikan diri saat disergap.

Adapun kapal yang ditangkap dan perkaranya mendapat putusan hukum tetap lebih baik diserahkan kepada nelayan untuk dimanfaatkan.

(tim/say)
Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com
https://money.kompas.com/read/2020/11/25/090603726/4-kebijakan-kontroversial-menteri-edhy-prabowo-yang-ditangkap-kpk

Baca juga :