Inilho Negara yang Mata Uangnya Paling Mahal di Dunia

Selama ini banyak yang beranggapan jika mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia adalah mata uang Negara Inggris, yakni pound sterling.

Namun, anggapan itu ternyata keliru. Karena mata uang dengan nilai tertinggi di dunia dipegang oleh dinar Kuwait dengan nilai 3,28 dollar AS.

Coba bandingkan, saat ini, 1 pound sterling bernilai sebesar 1,29 dollar AS.

Sedangkan, mengutip data perdagangan valas dunia, per Senin (2/11/2020), untuk setiap 1 dinar Kuwait bernilai setara dengan 3,28 dollar AS atau jika dirupiahkan sebesar Rp 47.798.

Selain Kuwait, banyak negara-negara Teluk yang memiliki mata uang dengan nilai tukar tinggi :

Peringkat kedua dipegang oleh dinar Bahrain dengan nilai untuk setiap dinarnya setara dengan 2,66 dollar AS.

Peringkat ketiga mata uang dengan nilai tertinggi ditempati rial Oman dengan nilai 2,6 dollar

Peringkat keempat adalah dinar Yordania dengan nilai 1,41 dollar AS untuk setiap 1 dinarnya.

Dilansir dari Moneyinc, ada sejarah panjang mengapa nilai dinar Kuwait jauh di atas mata uang negara lain. Diantaranya adalah, Kuwait menggunakan standar nilai tukar tetap.

Singkatnya, dalam aturan moneter dunia, suatu negara bisa menetapkan tiga jenis rezim nilai tukar mata uang yakni mengambang (floating), tetap (flat), dan campuran di antara keduanya.

Dengan menetapkan nilai tukar mengambang, maka nilai tukar akan berubah-ubah naik turun sesuai dengan fluktuasi permintaan dan penawaran di pasar valas.

Sementara jika menggunakan rezim nilai tukar tetap, maka mata uang akan dipatok ke mata uang tertentu atau pun bisa menggunakan patokan logam mulia seperti cadangan emas.

Pemerintah dan Bank Sentral Kuwait sendiri menetapkan mata uangnya dipatok tetap dengan menggunakan patokan mata uang negara lain yang dianggap kuat.

Sementara mengutip Investopedia, Kuwait selama ini berani menetapkan tinggi mata uang dinar miliknya karena lebih dari 80 persen pendapatannya berasal dari ekspor migas.

Ini karena minyak adalah sumber energi terbesar di dunia. Semua negara membutuhkan minyak yang berarti komoditas ini akan selalu dibeli oleh pasar.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com
https://money.kompas.com/read/2020/11/02/063210326/mengapa-dinar-kuwait-jadi-mata-uang-paling-mahal-di-dunia

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :