Tabungan Nasabah Bank Rp 1 Miliar Hilang Misterius, Lapor ke Polisi dan OJK, Ini Kronologinya

Seorang nasabah bank mengaku kehilangan uangnya di dalam rekening tabungan sebesar Rp 1 miliar. Akhirnya, nasabah yang bernama Daniel Suyoko ini melapor ke Polisi dan OJK.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, kasus ini dialami Daniel di sebuah Bank Perkreditan Rakyat ( BPR) di Salatiga, Jawa Tengah.

Daniel mengaku, sebelumnya ia menyimpan uangnya senilai Rp 1,25 miliar di BPR tersebut. Lalu, dia mengambil uangnya sebanyak Rp 250 juta.

Namun, ternyata saldo sebesat Rp 1 miliar tersebut tidak tercatat dalam buku tabungan Daniel. Karena merasa janggal, ia melaporkan BPR tersebut kepada kepolisian dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sementara Emanuel Kristian Zebua, Kuasa hukum Daniel mengatakan, selama ini kliennya dibantu oleh karyawan BPR berinisial SAS. Tapi, dalam perjalanannya, SAS keluar dari pekerjaannya.

Namun anehnya, ternyata SAS masih bisa membantu mengeluarkan buku tabungan resmi. “SAS bisa mengeluarkan buku tabungan resmi dari BPR. Di buku itu ada nomor buku, cap stempel, dan tanda tangan. Buku ini diakui resmi dan asli keluaran BPR,” ungkap Zebua di Mapolres Salatiga, Rabu (28/10/2020), seperti dikutip dari Kompas.com

William Paais, anggota kuasa hukum Daniel menambahkan, kliennya sempat dipersulit saat mencetak rekening koran. Dan setelah bisa, terlihat adanya transaksi aneh berupa penarikan berberapa kali.

“Di rekening koran tersebut, ada tarikan uang beberapa kali antara Rp 1,5 juta sampai Rp 50 juta. Tapi di buku tabungan tidak tercatat adanya transaksi, lalu siapa yang mengambil uang itu, karena klien kami tidak pernah mengambil,” katanya.

William menduga, ada proses sistemik yang menyebabkan hilangnya saldo kliennya. Sementara pihak BPR justru melimpahkan masalah ini kepada SAS.

“Kami tidak pernah berhubungan dengan karyawan, karena klien kami menabung di BPR. Pihak BPR melimpahkan semua keadaan ini ke SAS yang saat ini keberadaannya tidak diketahui,” jelasnya.

Sementara Kasat Reskrim Polres Salatiga, AKP Lanang Teguh Pambudi ketika dikonfirmasi mengaku telah menerima laporan terkait BPR tersebut. “Aduan baru masuk, nanti kita klarifikasi dan disposisi ke unit yang menangani,” tandasya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com
https://regional.kompas.com/read/2020/10/29/06362171/uang-rp-1-miliar-hilang-misterius-nasabah-ungkap-keanehan-yang-dilakukan

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :