Jutaan Pekerja Gagal Dapat BLT Subsidi Gaji Rp 600.000, Ini Sebabnya

Sedikitnya 1,7 juta pekerja batal mendapatkan subsidi gaji Rp 600.000, pengajuannya pun tak bisa diteruskan. Sedangkan 1,2 juta data harus dikembalikan ke perusahaan untuk diperbaiki.

Agus Susanto, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) mengatakan, total data yang masuk sebanyak 14,7 juta data calon penerima. Sedangkan 1,2 juta data masih perlu perbaikan.

“Ada 1,7 juta yang tidak bisa diteruskan karena tidak sesuai kriteria, kemudian ada 1,2 juta yang masih kita proses ulang, kita kembalikan ke perusahaan untuk diperbaiki dan kami sedang menunggu proses perbaikan ini,” ungkapnya, seperti dilansir dari Antara, Jumat (18/9/2020).

Agus juga mengatakan, sebelum diserahkan ke Kementerian Ketenagakerjaan, BP Jamsostel telah melakukan validasi tiga lapis. Dan sebelum pencairan, Kemnaker juga akan memeriksa lagi kelengkapannya.

Dari proses yang dilakukan sejauh ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah menyerahkan 11,8 juta data calon penerima subsidi gaji kepada Kemenaker dalam empat tahap. Yakni : Tahap I sebanyak 2,5 juta, Tahap II sebanyak 3 juta dan Tabap III sebanyak 3,5 juta serra Tahap IV sebanyak 2,8 juta.

Sementara pekerja yang bergaji di atas 5 juta, atau kepesertaannya tidak aktif hingga bulan Juni 2020 dinyatakan tidak memenuhi kreteria. Karena syarat penerima BLT Rp 600.000 diantaranya WNI, terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2020, memiliki upah di bawah Rp 5 juta, dan memiliki rekening yang aktif per Juni 2020.

Bantuan subsidi upah ini akan dicairkan setiap dua bulan sekali sebesar Rp 1,2 juta, sehingga pekerja akan menerima dua kali pencairan atau dua tahap.

Sementara Haiyani Rumondang, Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Binwasnaker) dan K3 Kemnaker berharap bantuan subsidi gaji ini sudah diterima terakhir pada tanggal 30 September 2020. “Selanjutnya yang sudah menerima akan menerima tahap kedua,” katanya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Ngintip, Para Cewek Pemandu Lagu di Mojokerto Terciduk Razia “Masker”, Ini Foto-Fotonya

 

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :