Banyak Pelaku Usaha Gagal Dapat Bantuan UMKM Rp 2,4 juta, Ini Alasannya

Jutaan pelaku UMKM dari berbagai daerah di Indonesia berebut Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM) sebesar Rp 2,4 juta. Namun, bagi yang tidak memenui syarat dipastikan akan gagal mendapatkannya.

Nurul Rahman, Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan, bantuan UMKM ini hanya diperuntukkan bagi para UMKM yang belum pernah mengajukan pinjaman apapun di bank.

“Bantuan Presiden untuk mikro yang Rp 2,4 juta itu mungkin masih banyak yang belum tahu kenapa susah untuk mendapatkannya. Sebenarnya tidak susah. Bantuan-bantuan usaha mikro memang diperuntukkan bagi mereka yang memang belum ada akses ke bank,” ungjapnya dalam webinar virtual, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, UMKM yang telah mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) ke bank tidak bisa mendapatkan BLT Rp 2,4 juta. “Jadi ini benar-benar bagi UKM yang memang selama ini tidak bisa melakukan aksesibilitasnya ke perbankan,” tambahnya.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah resmi meluncurkan bantuan modal kerja untuk pelaku UMKM yang diberi nama Bantuan Presiden (BanPres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta.

Skema pencairan dana bantuan bagi pelaku usaha mikro tersebut sangat sederhana yakni melalui rekening bank masing-masing. Asalkan, semua pelaku UMKM yang mengajukan memenuhi persyaratan.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Dijual Suaminya, PSK asal Solo Tewas di Kamar Hotel saat Layani Pelanggan

 

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :