Pertanian Organik di Area Mall? Sunrise Mall Suguhkan Konsep Urbanfarming Pertama di Indonesia

Pada umumnya sebuah mall tampil layaknya pusat perbelanjaan. Kini berbeda dengan Sunrise Mall yang memberi suguhan urban farming di sekitar areanya. Konsep ini merupakan yang pertama di Indonesia yang mengkontraskan antara mall dengan pertanian organik.

Ide pembangungan pertanian ini dicetuskan 3 hari setelah Idul Fitri lalu oleh Rudy, pemilik Sunrise Mall. Tetapi direalisasikan 16 Juni lalu dengan menggandeng Prof. Yudi yang baru saja kembali ke Mojokerto usai dinas di Jakarta. Kini Prof Yudi merupakan pengelola urban farming yang berlabel Sunrise Organik.

Berangkat dari keinginan Rudy untuk merubah pandangan masyarakat mengenai mall yang merusak lahan. Sunrise Organik dibangun untuk mempertahankan ekosistem di tengah Kota Mojokerto. Selain itu, Rudy juga ingin menjalankan salah satu program pemerintah dalam menunjang ketahanan pangan.

Hal ini dibuktikan dengan menyulap lahan mati sisa pembuangan kontruksi menjadi lahan pertanian yang baik dalam waktu 1 bulan. “Butuh cuma 1 bulan saja karena pada 14 Juli kemarin kita sudah panen” kata Prof Yudi saat ditemui di Lahan Sunrise Organik, Mojokerto (6/8/2020).

Lahan ini dibagi menjadi 2 yakni blok sayur dan holtikultura serta blok padi dan buah. Di dalamnya terdapat sawi, kangkung, bayam, mentimun, buncis, brokoli, letcus, jagung manis, kubis, bayam merah, padi, kedelai, dan beberapa jenis buah. Semuanya dapat dibeli di booth Sunrise Organik, lantai dasar.

Prof Yudi mengatakan bahwa organic melibatkan kemandirian petani sehingga seluruh perawatannya juga menggunakan hasil produksi sendiri baik pupuk maupun pengendalian hama. “Tentunya dalam perawatan kami menggandeng petani sebagai bentuk kepedulian akan nasib petani” tambah Prof Yudi.

Sunrise Organik juga membuka kunjungan edukasi untuk anak. “Iya, kami akan membuka edukasi bahwa sebenarnya tanam itu tidak perlu lahan yang luas yang perlu dirubah itu mindset bagaimana kita mau bertanam.” ujar Prof. Yudi

Bahkan, kedepannya Sunrise Mall akan memberi pemandangan kepada pengunjung mall berupa penempatan tanaman di polybag pada berbagai sudut mall. (jen/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :