Dua Tenaga Medis di Bali Positif Corona, Satu Puskesmas Dututup, 25 Nakes di-Swab

Penyebaran virus corona di Pulau Bali kian meninggkat, berdasarkan data secara nasional dari covid19.go.id disebutkan, per 4 Juli 2020, Bali menduduki peringkat ke 9 dengan jumlah kasus positif sebanyak 1797 orang.

Sementara di Kabupaten Gianyar, Bali ditemukan 2 tenaga media yang dinyatakam positif covid-19. Dan ketika dilakukan tracing, dua nakes tersebut telah melakukan kontak dengan 25 tenaga medis lainnya.

Pemkab Gianyar Bali akhirnya memutuskan, untuk menutup sementara Puskesmas Sukowati I terhitung mulai Senin (6/7/2020), untuk memutus penyebaran Covid-19.

Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua Harian Satgas Covid-19 Gianyar mengatakan, langkah ini diambil setelah dua tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Dari hasil penelusuran, dua Nakes tersebut melakukan kontak erat dengan 25 nakes lainnya di Puskesmas Sukawati I. Renacananya, penutupan dilakukan selama 5 hari dan akan dievaluasi setiap harinya, apakah penutupan perlu diperpanjang atau tidak.

“Penutupan ini untuk memutus terjadinya pengembangan klaster,” ungkapnya seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (5/7/2020).

Wisnu juga mengatakan, dua tenaga medis tersebut diduga tertular dari nakes lain yang bertugas di Puskesmas Sukawati II. Dan di Puskesmas Sukawati II tidak dilakukan penutupan karena sudah bisa dideteksi dan tertangani.

Sekedar informasi, Pulau Bali masuk peringkat ke 9 dengan jumlah kasus positif covid-19 terbanyak di Indonesia dengan jumlah kasus 1. 797 orang.

Berikut data 10 Provinsi dengan kasus terbanyak dan tingkat kesembuhannya.. .

Baca juga :