Pasien Covid-19 Lolos Naik Pesawat dari Jakarta, 43 Penumpang Akhirnya dites Swab

Pemeriksaan Dokumen Penumpang (foto : Antara/Ernest Kakisina)

Sebanyak 43 penumpang pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Sorong harus menjalani tes swab setelah diketahui ada satu penumpang yang positif corona.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, penumpang itu berinisial WH (20) yang menumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 682 yang mendarat di Bandara Domine Edward Sorong pada Sabtu (27/6/2020) sekitar pukul 06.20 WIT.

Saat pemeriksaan dokumen, WH ternyata positif terinfeksi Covid-19. Penumpang itu merupakan siswa program afirmasi pendidikan menengah asal Kabupaten Sorong Selatan. Ia berangkat dari Jakarta bersama rombongan berjumlah 43 orang.

dr Farida Tariq, Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Edward Osok Sorong mengatakan, penumpang itu diketahui positif Covid-19 saat pemeriksaan dokumen kesehatan saat mendarat.

Saat memeriksa WH, petugas mendapati dokumen yang dikeluarkan Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat yang menyatakan positif Covid-19.

“Dari 43 siswa ini kami periksa satu per satu kelengkapan dokumen tersebut, satu di antaranya positif PCR virus corona,” kata Farida, seperti dikutip dari Kompas.com Minggu (28/06/2020)

Kemudian, Mahasiswa itu langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Edward Sorong. Sementara 43 siswa lainnya usai menjalani tes PCR langsung dikarantina.

Farida juga mengatakan, pihaknya tidak tahu mengapa pasien positif Covid-19 bisa lolos menaiki pesawat. Padahal, setiap calon penumpang diperiksa sesuai prosedur yang berlaku.

Farida menduga, ramainya penumpang membuat petugas kesehatan di bandara asal kewalahan memeriksa dokumen persyaratan. Ia juga telah menghubungi Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta.

“Sedang ditelusuri, karena sesuai mekanisme hasil tes swab yang diketahui positif, tidak diberikan kepada calon penumpang,” tandasnya.

Akibat kejadian ini, sebanyak 90 orang penumpang dalam penerbangan dari Jakarta menuju Sorong diminta untuk karantina mandiri selama dua pekan. Sementara 43 siswa langsung dilakukan swab di Rumah Sakit Pertamina Sorong.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :