Pemberian Bansos Corona Bakal Diperpanjang, Termasuk BLT Desa, Tapi Dipangkas

Bantuan sosial bagi warga terdampak pandemi virus corona ( Covid-19) yang semula hanya diberikan selama 3 bulan hingga bulan Juni, bakal diperpanjang hingga Desember 2020.

Menteri Keuangan Sri Mulyani seusai rapat kabinet terbatas bersama Presiden Jokowi mengatakan, perpanjangan bansos ini berlaku untuk wilayah Jabodetabek dan luar Jabodetabek.

“Namun, mulai Juli hingga Desember (nilai) manfaatnya akan turun dari Rp 600.000 menjadi Rp 300.000 per bulan,” ungkap Sri Mulyani seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (3/6/2020)

Menteri Keuangan juga mengatakan, bansos yang dibagikan di wilayah Jabodetabek berupa sembako. Artinya, mulai Juli hingga Desember, warga terdampak Covid-19 di Jabodetabek akan menerima paket sembako senilai Rp 300.000 setiap bulannya.

Sememtara bagi warga di luar Jabodetabek tetap menerima bansos dalam bentuk uang tunai yang nilai uang yang diterima juga akan turun dari Rp 600.000 menjadi Rp 300.000 mulai Juli hingga Desember.

“Akan dilakukan transfer ke nama dan akun mereka sesuai dengan data di Kemensos atau kerja sama dengan pemda,” kata Sri Mulyani.

Sementara itu, untuk bantuan langsung tunai dana desa diperpanjang 3 bulan, hingga September 2020 dengan nilai yang turun menjadi sebesar Rp 300.000. “Sehingga, total anggaran BLT desa akan mencapai Rp 31,8 triliun,” tandasnya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :