Menteri Agama Minta Umat Islam Shalat Idul Fitri di Rumah di Tengah Pandemi Covid-19

Hingga kini, penyebaran virus Corona di Indonesia masih belum mereda. Sehingga, masyarakat terap diimbau tetap selalu di rumah. Bahkan, Menteri Agama juga mengimbau agar umat Islam juga menjalankan shalat Idul Fitri di rumah.

Dalam keterangan tertulisnya, Menteri Agama Fachrul Razi meminta agar masyarakat menjalankan shalat idul fitri di rumah untuk mengatisipasi penyebaran Covid-19.

“Saya imbau umat Islam menjalankan shalat Id di rumah bersama keluarga inti. Ini bagian dari empati dan komitmen kita sebagai umat beragama, dalam penanganan Covid-19,” tulis Menteri Agama, seperti dikutip dari Kompas.com, Rabu (13/5/2020).

Namun, Menteri Agama juga juga meminta umat Islam tidak meninggalkan shalat Idul Fitri dan hendaknya diselenggarakan dengan menyesuaikan situasi wabah.

Selain itu, Fachrul juga mendorong agar para ulama, termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) bisa memberikan penjelasan kepada umat Islam tentang hukum fikih Islam dan tata cara shalat Idul Fitri.

Meski demikian, Fachrul juga berharap masyarakat Muslim tetap menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dengan sukacita. “Mari berbagi kepedulian kepada yang memerlukan agar mereka juga dapat ber-Lebaran seperti kita semua,” ujarnya.

Meski di tengah pandemi covid-19, Menag juga berharap ummat islam tetap menyambut Idul Fitri 1441 Hijriah dengan penuh kebahagiaan dan kegembiraan. “Taqobalallahu Minna Waminkum, semoga Allah menerima amal kita semua,” tandasnya.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Baca juga :