‘Sewu Kutho’ Lagunya Didi Kempot atau Arie Wibowo? Ini Faktanya

Didi Kempot memang seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu-lagu campursari. Bahkan karyanya banyak dimanfaatkan orang lain dan ikut jadi populer.

Puluhan lagu-lagu hits itu kini menjadi warisan dari sang musisi. Salah satu lagu yang membuatnya melambung di blantika musik indonesia adalah lagu ‘Sewu Kutho’.

Sebenarnya, siapakah pencipta lagu tersebut ? Didi Kempot atau Ari Wibowo ?

Karena lagu ‘Sewu Kutho’ memang sangat identik dengan lagu yang dinyanyikan oleh Ari Wibowo dengan judul Walau Sekejap.

Nah, lagu yang sama-sama menggambarkan seribu kota telah didatangi untuk mencari sang pujaan hati itu sama-sama populer di Zamannya dan genrenya.

Lagu ‘Sewu Kutho’ dinyanyikan Didi Kempot pada tahun 1999 dan Viral, seandainya saat itu ada medsos.

Ternyata, lagu tersebut adalah remake dari lagu ‘Walau Sekejap’ yang sebelumnya dipopulerkan oleh Ari Wibowo, seorang penyanyi pop di-era 1980-an. Lagu ‘Walau Sekejap’ sangat familiar dan ada dalam album ‘Madu dan Racun’ yang sangat fenomenal.

Bedanya, Arie Wibowo mempulerkan lagu itu dalam bahasa Indonesia dengan genre pop, Sedangkan Didi Kempot mendaur ulang dsn dirubah dalam bentuk bahasa Jawa dan ber-genre jenis pop dangdut, dengan lirik yang sama namun berbahasa jawa.

Lalu siapakah pengarang lagu Walau Sekejap atau Sewu Kutho ?

Dalam sebuah kesempatan, sang penyanyi campursari Didi Kempot pernah mengungkapkan tentang lagu tersebut. Katanya, lagu tersebut memang karya dirinya yang memang diberikan ke musisi Arie Wibowo.

“Lagu itu, sempat dinyanyikan oleh almarhum Arie Wibowo. Sewu Kutho saya berikan untuk dia karena pernah membantu rekaman di MSC Plus,” kata Didi seperti dikutip wawancara dengan CNN Indonesia, 27 Juli 2019.

Pada tahun-tahun lagu itu dipopulerkan Ari Wibowo, Didi Kempot memang tinggal di Jakarta dan berkarya sebagai Musisi Jalanan. Lalu, pada tahun 1998 ia kembali ke Solo, Jawa Tengah.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Baca juga :