Ini 6 Situs dan Aplikasi dan yang Diblokir Kominfo per 1 Agustus 2022

Per 1 Agustus 2012, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) akhirnya memblokir sejumlah Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang gagal mendaftar hingga bataswaktu yang ditentukan.

Ada 6 Situs dan aplikasi yang dililit karena gagal daftar. Pemblokiran akses ini bagi sudah berlaku sejak Sabtu, 30 Juli 2022 pukul 00.00 WIB.

Jadi, per hari ini, Senin (1/8/2022) aplikasi yang mencakup aplikasi game, situs layanan internet hingga platform distribusi game tidak bisa diakses

Mengutip laman PSE Kominfo. Berikut daftar situs dan aplikasi yang diblokir Kominfo 1 Agustus 2022 :

1. Yahoo
2. Epic Games
3. Steam
4. Dota – Dota2
5. Counter Strike – CSGO
6. Origin

Sebenarnya ada tujuh aplikasi dan situs yang dibokir Kominfo, satunya adalah layanan keuangan PayPal. Namun, PayPal saat itu sempat terdaftar pada situs PSE Kominfo dengan status “dihentikan sementara” karena diklaim terdaftar oleh orang lain, bukan pihak PayPal resmi.

Mengingat PayPal banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia untuk bertransaksi khususnya bagi pekerja kreatif, streamer game hingga freelancer, pemblokiran situs PayPal menuai kritik. Media sosial Twitter bahkan diramaikan dengan tanda pagar (tagar) #BlokirKominfo.

Merespons fenomena tersebut, per Minggu (31/7), situs PayPal yang semula diblokir kembali dibuka sementara guna memberi kesempatan kepada pengguna untuk mengalihkan dananya dari layanan keuangan tersebut ke platform lain.

Kominfo memberikan waktu bagi pengguna PayPal untuk mengamankan dananya hingga lima hari atau sampai Jumat (5/8/2022) pukul 23.59 WIB.(tim/say)

Baca juga :