Cuan Banget! Ini 5 Cara Mendapat Uang di TikTok

TikTok merupakan salah satu aplikasi media sosial yang sedang digandrungi oleh sebagian besar masyarakat di seluruh dunia. Sebab, aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap dan mudah dipahami para pengguna.

Selain menjadi media dalam unjuk kreativitas, TikTok juga bisa digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Caranya pun beragam. Mulai dari mengikuti program TikTok Affiliate, mengundang teman, menjual produk, membuka jasa endorse, hingga melakukan live secara rutin.

Penasaran? Langsung simak informasinya berikut ini:

1. TikTok Affiliate

TikTok Affiliate merupakan sebuah program yang menghubungkan antara kreator dengan penjual produk. Caranya adalah dengan mempromosikan atau mencantumkan link produk yang dijual pada video TikTok.

Untuk bergabung dalam program TikTok Affiliate, kreator harus membuat akun TikTok Shop terlebih dahulu. Jika sudah terdaftar, menu ‘Shop’ akan muncul di halaman profil TikTok. Selanjutnya, tambahkan produk yang ingin dijual melalui menu ‘Shop’ tersebut.

Kreator hanya dapat menambahkan link produk pada video apabila permintaan afiliasi sudah disetujui oleh pihak penjual. Jika ada orang yang membeli produk melalui link tersebut, kreator akan mendapatkan bayaran sebesar 5-10 persen dari harga jual produk.

2. TikTok Live

Dengan melakukan live di TikTok, pengguna bisa mendapatkan hadiah virtual dari penonton. Hadiah virtual tersebut berbentuk ikon-ikon tertentu yang ada di bagian bawah layar, seperti bunga, kotak hadiah, makanan, hingga hewan. Setiap ikon memiliki jumlah koin yang berbeda.

Koin yang telah terkumpul dapat ditukar dengan diamond. Jika diamond sudah memenuhi batas minimal penarikan, maka pengguna bisa melakukan pencairan uang. Jadi, semakin banyak penonton yang memberi hadiah virtual, maka semakin banyak pula uang yang didapatkan.

Namun, TikTok Live hanya bisa dilakukan oleh pengguna tertentu. Yakni pengguna yang sudah berusia lebih dari 16 tahun dan memiliki lebih dari 1000 pengikut.

3. Undang Teman

Cara mendapatkan uang dari TikTok selanjutnya adalah dengan mengundang orang lain melalui kode referral. Jika orang tersebut merupakan pengguna baru dan mau memasukkan kode referral pada akunnya, maka pemilik kode referral akan mendapatkan sejumlah poin.

Poin akan bertambah jika pengguna baru tersebut rutin menonton video TikTok selama 10 hari berturut-turut. Durasi menontonnya adalah lebih dari 30 menit per hari. Poin yang terkumpul dapat dicairkan melalui aplikasi Dana. Pengguna bisa memilih nominal yang ingin dicairkan.

Selain mendapatkan uang, mengundang teman juga menjadi salah satu cara untuk memperluas jejaring pertemanan dan menambah jumlah follower.

4. Jual Produk

Cara ini hampir sama dengan cara mendapatkan uang dari media sosial lainnya. Pengguna menjual sebuah produk dan dipromosikan melalui TikTok. Cukup dengan mengunggah video pendek, produk jualan sudah bisa dikenal oleh masyarakat luas.

Namun, cara ini juga tidak instan. Pengguna perlu menawarkan sesuatu yang unik agar orang lain tertarik. Selain produk jualan yang unik, konten video yang dibuat juga harus punya ciri khas supaya mudah diingat.

Pengguna juga perlu mengetahui waktu yang tepat dalam mengunggah video agar lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. Unggah video promosi secara rutin supaya kinerja akun dapat terbaca oleh sistem algoritme TikTok.

5. Endorsement

Sama seperti Instagram, TikTok juga dapat digunakan sebagai media endorsement. Namun, pengguna harus konsisten dalam mengembangkan akun TikTok. Sebab, pihak penjual lebih tertarik pada kreator yang memiliki jumlah pengikut yang banyak dan konten video original.

Tarif endorsement bisa mulai dari harga Rp 50.000 hingga puluhan juta rupiah. Banyaknya jumlah pengikut dan engagement akun yang tinggi dapat meningkatkan tarif endorsement.

Pengguna bisa memanfaatkan TikTok Creator Marketplace, fitur bagi konten kreator untuk mempromosikan diri kepada pihak endorser. Jika menggunakan fitur ini, jumlah pengikut, like, view, dan share akan muncul pada profil pengguna.(tim/Sam)

 

 

Baca juga :