Hari Pancasila, Ini 5 Rekomendasi Film Tentang Pancasila dan Nilai Nilainya

Menikmati libur dengan menonton film merupakan hal yang menyenangkan, di hari lahir Pancasila ini sudah seyogyanya kita sebagai rakyat Indonesia mengenang sejarah bangsa kita, salah satunya dengan menonton film tentang Pancasila dan bangsa, dengan itu kita tidak hanya mampu mengetahui sejarah Pancasila namun juga agar nilai nilainya dalam kehidupan sehari hari.

Informasi yang dihimpun boleh suaramerahputih.com, Berikut 5 rekomendasi film mengenai sejarah Pancasila serta nilai-nilainya dalam kehidupan bermasyarakat.

1. Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita
Film ini mengisahkan pidato Sukarno saat sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada 1 Juni 1945. Peristiwa itu yang hingga kini dikenal sebagai Hari Lahir Pancasila. Film ini benar-benar fokus pada isi pidato Sukarno.

Pantja-Sila: Cita-cita dan Realita merupakan gagasan aktor senior Tio Pakusadewo yang juga bertugas sebagai pemain, serta sutradara dan produser bersama Tino Saroengallo.

2. LIMA
Film ini berisikan pesan tentang hidup dalam keberagaman di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kisah bermula dari Fara, Aryo, dan Adi yang baru ditinggal wafat ibu mereka, Maryam. Tak hanya itu, asisten rumah tangga mereka, Ijah, juga turut merasa kehilangan.
Sebuah perdebatan mengenai upacara pemakaman Maryam terjadi di antara ketiga anaknya. Maryam merupakan seorang Muslim dan hanya Fara yang seagama dengannya.

Di sisi lain, Fara, Aryo, dan Adi juga mengalami permasalahan lain, seperti Adi yang sering dirundung teman sekolahnya, Aryo yang harus menjadi pemimpin dalam persoalan warisan, serta Fara dengan permasalahan SARA di Pelatnas.

3. Trilogi Merdeka
Trilogi Merdeka terdiri dari film Merah Putih, Merah Putih 2: Darah Garuda, serta Hati Merdeka. Film-film tersebut menggambarkan perjuangan tentara Indonesia melawan Belanda.

Film itu dibintangi utama Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerono (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya). Tanpa memandang latar belakang, suku, dan agama, mereka bersatu, berjuang, dan mengusir penjajah.

4. Sayap Kecil Garuda. Film ini mengisahkan Pulung (Rizky Black), remaja kelas 2 SMP, yang kesulitan menghafal Pancasila dan makna lambangnya. Namun, ia bertekad menghafalkannya.
Dalam upaya itu, ia bertemu dan menghadapi sejumlah kejadian yang perlahan membantunya mengetahui nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Film ini turut dibintangi Deddy Mizwar, Elma Theana, serta Reza Artamevia.

5. Soekarno
Soekarno merupakan film biopik Soekarno (Ario Bayu) yang memperjuangkan hak-hak Indonesia dari penjajahan Belanda dan Jepang. Kisah-kisah jelang kemerdekaan pun ditampilkan hingga akhirnya berhasil memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Film ini dibintangi sederet artis papan atas Indonesia seperti Maudy Koesnaedi, Lukman Sardi, Tika Bravani, Ferry Salim, dan Tanta Ginting.(tim/Sam)

Redaksi : Suara merah putih
Sumber : CNN Indonesia (naskah berita asli)

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :