Update Dampak Gempa di Malang, 8 Korban Meninggal, Patung Gorila Jatim Park Roboh, Ribuan Rumah Rusak

Gempa di Malang dengan kekuatan magnitudo 6,1 SR mengakibatkan ribuan rumah rusak dan 8 orang meninggal dunia. Bahkan, pating Gorila di Secreet Zoo Batu roboh diguncang gempa pada Sabtu (10/4/2021).

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga Minggu (11/4/2021) pukul 08.00 WIB, ada sebanyak 8 orang meninggal dunia.

Data BNPB, korban meninggal diantaranya 5 di wilayah Kabupaten Lumajang 5 orang dan 3 orang di Kabupaten Malang. Selain itu, sebanyak 36 orang yang mengalami luka ringan dan 3 orang mengalami luka sedang hingga berat.

Sementara berdasarkan laporan di 15 Kabupaten dan Kota di wilayah Jawa Timur. Tercatat ada 1.189 rumah yang dilaporkan mengalami kerusakan, dengan kategori rusak ringan hingga berat.

Rinciannya, rumah rusak berat (RB) 85 unit, rusak sedang (RS) 250 dan rusak ringan (RR) 854. “Kerusakan juga dialami fasilitas umum (fasum) dengan total kerusakan sejumlah 150 unit,” tulis BNPB dalam situs resminya.

Kerusakan akibat gempa juga menimpa tempat wisata Secreet Zoo, Jawa Timur Park Group, salah satu wahana wisata terbesar di Kota Batu, Jawa Timur yakni, Patung gorila atau king kong yang ada di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2 roboh.

Hal itu dobenarkan oleh Titik S. Ariyanto, Manager Marketing and Public Relations Jawa Timur Park Group. “Iya mas. King Kong-nya roboh,” katanya melalui pesan singkat.

Namun, Titik juga mengatakan, kerusakannya seperti foto yang beredar, yakni di bagian kepalanya. “Kerusakannya sama seperti yang ada di foto. Tidak ada korban, Alhamdulilah,” tandasnya.(tim/say)

Baca juga :