Bandara Juanda Gunakan Tes GeNose, Calon Penumpang Pesawat Terdeksi Positif Covid 19 Capai 100 Perhari

Semenjak tiga hari lalu, loby terminal area 1 Bandara, Juanda Surabaya tampak dipenuhi calon penumpang pesawat, yang antri untuk mengikuti tes COVID 19 melalui metode GeNose C19, loket yang dibuka pukul sebelas langsung dipenuhi ratusan calon penumpang pesawat.

Informasi yang dihimpun oleh suaramerahputih.com, mereka rela antre untuk mendapatkan surat sehat bebas COVID-19 dari hasil GeNose yang dibutuhkan sebagai salah satu syarat penerbangan.

Ironisnya, seiring peningkatan jumlah calon penumpang pesawat yang mengikuti tes COVID melalui metode GeNose ini, terdeteksi jumlah calon penumpang pesawat yang positif COVID-19 meningkat. Dalam satu hari, jumlah calon penumpang pesawat yang terdeteksi COVID-19 mencapai 100 orang.

Mau tidak mau, calon penumpang pesawat yang terdeteksi positif COVID 19, diwajibkan untuk mengikuti tes Swab PCR yang dilakukan di sejumlah klinik kesehatan di sekitar bandara, untuk memastikan apakah mereka benar-benar terpapar virus COVID 19 atau tidak. Mereka terpaksa harus mereschedule tiket pesawat, karena waktu pemeriksaan Swab PCR memerlukan waktu yang tidak singkat.

Petugas klinik dan kesehatan di Bandara Juanda belum bisa memastikan, apakah tingginya calon penumpang yang terdeteksi positif COVID 19 ini murni terdeteksi Corona, atau karena alat GeNose di Bandara Juanda yang sangat sensitif terhadap kondisi kesehatan manusia.

Sesuai aturan, 30 menit sebelum menjalani tes GeNose, calon penumpang wajib berpuasa dan tidak merokok karena bisa berpengaruh terhadap hasil genose yang keluar.

Namun realitanya, masih banyak calon penumpang yang tidak mengindahkan aturan penggunaan GeNose dengan alasan waktu yang pendek, sehingga akhirnya banyak yang terdeteksi positif GeNose.

Untuk itu, bagi calon penumpang yang terdeteksi positif COVID 19 dari hasil GeNose, diminta untuk melakukan tes Swab PCR untuk memastikan apakah dirinya positiif terpapar COVID 19 atau tidak.

“ Untuk calon penumpang yang terdeteksi positif COVID 19 dari hasil GeNose, kita minta untuk melakukan Swab PCR,” tegas Wukirjo, Penanggung Jawab GeNose Bandara Juanda.

Menurut Wukirjo, seiring tingginya jumlah calon penumpang yang terdeteksi positif COVID 19 dari hasil GeNose, pihak petugas klinik dan kesehatan meminta kepada calon penumpang untuk menjalani puasa 30 menit sebelum pemeriksaan GeNose, untuk mendapatkan hasil yang akurat dan maksimal terkait hasil GeNose yang keluar.

Saya minta calon penumpang agar mengikuti aturan, puasa 30 menit sebelum melakukan tes GeNose di Bandara Juanda,” tambahnya.(Mya/tim)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Sindonews.com (Naskah Berita Asli)

Baca juga :