Inilho, 5 Gubernur Yang Surati Jokowi Sampaikan Aspirasi Tolak UU Cipta Kerja

Dampak kericuhan saat demo menolak UU Cipta Kerja di kawasan Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/10/2020).(KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO)

Aksi unjuk rasa yang dilakukan para buruh dan mahasiswa di berbagai daerah yang menolak pengesahan Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja yang diinisiasi pemerintah oleh DPR RI, akhirnya ditampung dan direspon olek kepala daerah masing-masing.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, dalam aksi penolakan itu, setidaknya ada lima Gubernur yang menampung aspirasi para pendemo dan bersurat kepada Jokowi Presiden, antara lain :

1. Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat yang mengirimkan surat kepada Jokowi dan DPR RI sebagai tindak lanjut penyerapan aspirasi buruh yang berdemo di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis lalu (8/10/2020). Sebelumnya, Ridwan Kamil sempat beraudiensi dengan perwakilan buruh di Gedung Sate. Surat yang dikirimkan kepada Jokowi berisikan tentang suara para buruh yang menolak UU Cipta Kerja.

2. Irwan Prayitno, Gubernur Sumatera Barat, juga mengirimkan surat kepada Jokowi Presiden untuk menyampaikan aspirasi buruh dan mahasiswa, terkait penolakan UU Cipta Kerja. Surat bernomor 050/1423/Nakertrans/2020 tertanggal 8 Oktober 2020 ini memohon agar Jokowi menerbitkan Perppu.

3. Sutarmidji, Gubernur Kalimantan Barat yang mengirimkan surat permintaan penerbitan Perppu atas UU Cipta Kerja kepada Jokowi. Terdapat dua poin yang disampaikan melalui surat bernomor 180/2686/HK-C, tertanggal 9 Oktober 2020.

4. Sri Sultan Hamengkubuwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, juga turut mengirimkan surat kepada Jokowi terkait dengan penolakan UU Cipta Kerja di kalangan buruh dan pekerja. Surat bernomor 560/15863 itu diunggah dalam akun Instagram resmiĀ @humasjogja.

5. Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, juga menyatakan akan berupaya memfasilitasi perwakilan buruh bertemu Menko Polhukam Mahfud MD. Selain itu, Khofifah menyatakan pihaknya juga mengirimkan surat kepada Jokowi. “Aspirasi mereka yang meminta Gubernur untuk berkirim surat resmi kepada Presiden Joko Widodo, langsung saya penuhi. Hari ini surat dikirim melalui Mendagri,” ujar Khofifah. (tim/say)

 
Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : kompas.com
https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/11/160200865/5-gubernur-yang-surati-jokowi-terkait-aspirasi-menolak-uu-cipta-kerja?page=all

Baca juga :