Semua Siswa, Guru hingga Dosen Dapat Bantuan Kuota Internet, ini Kapasitasnya

Mulai bulan September, semua siswa, mahasiswa, guru hingga dosen bakal mendapat bantuan subsidi kuota internet untuk pembelajaran daring.

Evy Mulyani, Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan subsidi kuota kepada siswa hingga dosen selama empat bulan.

“Rencananya, akan diberikan subsidi kuota internet selama empat bulan, terhitung dari bulan September-Desember 2020,” ungkapnya seperti dikutip dari Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Kata Evy, untuk siswa nanti akan mendapat 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan.

Sementara mengenai teknis pemberian bantuan dan syaratnya penerima bantuan subsidi kuota tersebut, hingga kini masih dalam proses finalisasi.

Kemendikbud telah melakukan penyesuaian kebijakan pendidikan serta menyediakan inisiatif dan solusi pada masa pandemi Covid-19.

“Salah satunya adalah relaksasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), di mana satuan pendidikan diberi kewenangan untuk mengalokasikan dana BOS untuk penyediaan pulsa kuota internet bagi guru dan siswa,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan, Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, pemerintah memberikan subsidi kuota internet bagi siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebesar Rp 9 triliun.(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Kompas.com (Naskah Berita Asli)

Baca juga :