Kawah Gunung Ijen di Banyuwangi Meledak, Satu Penambang Belerang Hilang

Suasana Kawah Gunung Ijen Banyuwangi (foto : beritajatim.com)

Danau Kawah Ijen yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa timur tiba-tiba meledak dan menimbulkan gelombang setinggi 3 meter. Akibatnya seorang penambang belerang terjatuh dan hilang di dalam kawah.

Informasi yang dihinpun suaramerahputih.com, periatiwa yang terjadi pada Jumat (29/5/2020). Korban yang hilang dkketahui bernama Andik warga Kecamatan Muncar hingga kini belum ditemukan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi Eka Muharram membenarkan peristiwa tersebut.

“Belum di temukan satu oramg. terkendala hujan deras di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Ijen. Selain itu juga karena ada gas beracun dari dasar kawah yang tentu membahayakan tim evakuasi.” kata Edi, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (29/05/2020)

Rencananya proses pencarian dan evakuasi korban akan dilakukan pada Sabtu (30/5) pagi. “Ini sedang kita buat perencanaannya. Besok akan kita cari di bawah pimpinan Komandan SAR. Untuk sementara aktivitas penambangan belerang di Kawah Ijen kita tutup,” pungkasnya.

Sementara itu, korban selamat atas nama Halimik beserta penambang yang lain dievakuasi ke gudang PT Candi ngrimbi Desa Tamansari. BPBD, Pos Siaga SAR Banyuwangi berencana akan melakukan pencarian korban. (tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih
Sumber : Detik.com (Naskah Berita Asli)

Baca juga :