Istana : Sekolah, Industri dan Mall Dibuka Bulan Juni, Jika Kasus Baru Covid-19 Turun

Pemerintah Indonesia mulai mengkaji untuk membuka kembali mal, pasar, sekolah dan tempat usaha industri pada bulan Juni mendatang.

Kabar ini mencuat setelah beredar foto skenario tentang pemulihan ekonomi Indonesia yang beredar luas di dunia maya dan menjadi perbincangan publik.

Informasi yang dihimpun suaramerahputih.com, dalam foto tersebut menunjukkan sebuah time schedule beroperasinya kembali beberapa berbagai sektor.

Menyikapi hal ini, Donny Gahral, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden menyampaikan bahwa informasi tersebut masih sebatas rencana pemerintah.

Donny juga meluruskan bahwa rencana pemerintah tersebut baru akan dilaksanakan apabila ada kemajuan signifikan dalam penanganan pandemi virus corona ( Covid-19).

Kata Donny, salah satu yang menjadi syarat utama adalah adanya penurunan pasien positif selama 14 hari berturut turut hingga tak ada pasien baru.

“Syaratnya, tak ada penambahan lagi pasien positif covid-19,” ungkap Donny seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu 09 April 2020.

Oleh karena itu, Donny mengatakan, saat ini pemerintah sedang berupaya keras agar penerapan PSBB bisa berjalan efektif. Baik dari sisi penerapan protokol kesehatan maupun penegakan hukum serta kepatuhan terhadap larangan mudik.

Pemerintah tidak ingin ada gelombang kedua terbait wabah corona di Indonesia. Jadi, bulan Juni apakah sudah mulai dibuka akan sangat bergantung pada perkembangan penanganan pendemi covid-19. “Apakah Juni sudah bisa dilonggarkan, kita tidak tahu,” ujarnya.

Sementara Susiwijono, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dalam keterangan tertulisnya menyatakan bahwa foto yang beredar itu adalah bagian dari kajian awal pemerintah terkait pemulihan ekonomi dari pandemi Covid-19.

Dalam kajian awal tersebut diantaranya memuat timelime bebeerapa kegiatan :

1. Pada 1 Juni 2020, membuka kembali industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B), dengan tetap menerapkan social distancing.

2. Pada 8 Juni 2020, memperbolehkan toko, pasar, dan mal untuk beroperasi

3. 15 Juni 2020, membuka kembali tempat-tempat kebudayaan dan sekolah dengan tetap menerapkan social distancing dan penyesuaian.

4. 6 Juli 2020, evaluasi pembukaan berbagai fasilitas umum, seperti restoran hingga tempat ibadah.

5. 20 Juli dan 27 Juli 2020, evaluasi fase keempat dan diharapkan pada akhir Juli atau awal Agustus 2020 semua kegiatan ekonomi sudah dapat beroperasi dengan normal.
(tim/say)

Redaksi : Suara Merah Putih

Viral, Istri Grebek Suami di Rumah Pelakor di Mojokerto, Ini Link Videonya

Baca juga :